Wafatnya Tokoh Oposisi Sudan Hasan At-turabi

Wafatnya Tokoh Oposisi Sudan Hasan At-turabi

313
0
BERBAGI

RB- Hasan At-turabi, salah satu politisi Sudan berpengaruh ini tutup usia pada hari sabtu (05/03) pukul 6 sore waktu Sudan. Hasan di laporkan sedang bekerja di kantornya dan tiba-tiba terjatuh kemudian segera dibawa ke rumah sakit.

Omdurman TV memberitakan bahwa pemimpin partai  Islamic Charter Front ini menghembuskan nafas terakhirnya di Royal Care International Hospital di ibukota Sudan. Penyebab kematian beliau tidak langsung diketahui namun salah satu anggota partainya mengatakan beliau terkena stroke.

Ahmed Saeed, jurnalis Sudan mengatakan bahwa Presiden Sudan, Omar Al-bashir sempat mengunjungi  rumah sakit pada hari sabtu dan mengkonfirmasi kehadirannya pada pemakaman At-Turabi.

Intelektual yang kritis ini menyelesaikan studi hukumnya di Inggris, sebelum meraih gelar doktoralnya dari Universitas Sorbonne, Paris. Selanjutnya beliau menjadi dekan fakultas hukum di Universitas Khartoum pada tahun 1964.  At-turabi fasih berbahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, sefasih ia berbahasa Arab.

At-turabi memainkan peran penting pada tahun 1989 dalam pemerintahan rezim Omar. Ia juga dianggap sebagai pintu masuknya organisasi Ikhwanul Muslimin ke Sudan. Ia pernah pula menjabat sebagai hakim agung. Beliau digambarkan sebagai The Godfather of the new Regime.

Meskipun bekerjasama dalam beberapa periode, Turabi dan Omar sempat berseteru dan pada akhirnya Turabi menjadi bagian dari partai oposisi. Ia menjadi satu-satunya warga Sudan ynag mendukung penangkapan Bashir oleh Pengadilan Internasional sebagai bentuk tanggungjawabnya atas segala kriminalisasi kemanusiaan oleh rezim pada konflik Darfur.

At-Turabi beberapa kali ditangkap dan dipenjarakan selama karirnya di dunia politik. Pada Januari,2014, Turabi dan Bashir sepakat untuk mengadakan dialog nasional yang telah selesai dilaksanakan pada akhir bulan. (IF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY