Uniknya Bahasa Indonesia, 7 Kata Dengan Padanan Terbanyak

Uniknya Bahasa Indonesia, 7 Kata Dengan Padanan Terbanyak

450
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Bahasa Indonesia muncul sebagai bahasa dagang dan politik pada sekitar abad pertengahan, dan terdiri dari gabungan berbagai bahasa nusantara, bahkan dunia, dan dengan struktur bahasa yang sangat sederhana, tidak mengenal waktu dan jenis kelamin. Tim Ruangbicara merangkum, kata-kata apa saja yang padanannya banyak sekali dalam bahasa Indonesia, sebagai bentuk kekayaan bahasa!

1. Nasi

Sebagai negara penanam padi, orang Indonesia punya sangat banyak istilah di bidang ini. Untuk nasi saja, dalam bahasa inggris adalah “rice”, sementara di Indonesia, dengan berbagai proses, dikenal istilah padi, gabah, beras, nasi, bubur, dan rengginang.

2. Cinta

Bangsa Indonesia romantis? Bisa jadi. Dalam bahasa inggris, “love” dan “like” ternyata tak sekaya di dalam bahasa Indonesia. Kita mengenal Cinta, Sayang, Suka, Renjana, Rahim, Rahma,dan Asmara. Ada banyak cara mengatakan cinta dalam bahasa kita.

3. Kata ganti orang pertama tunggal

Bahasa Indonesia mengenal kata ganti orang pertama tunggal sesuai dengan kadar kesopanan dan keragaman situasi. Kalau bahasa Inggris hanya mengenal “My” atau “Me” dan “I”, maka bahasa Indonesia mengenal Saya, Aku, Awak, Beta, Ana, Ane, Hamba, Gua, Gue, dan Ingsun.

4. Buah Pisang

Keanekaragaman hayati di Indonesia berpengaruh juga pada bahasa kita. Dalam bahasa Indonesia, pisang memiliki beragam jenis. Jika dalam bahasa Inggris hanya dikenal “Banana”, di Indonesia ada istilah Pisang Raja, Pisang Kepok, Pisang Pandan, Pisang Emas, Pisang Tanduk, Pisang Merah, Pisang Kapas, Pisang Batu, hingga Pisang Ambon. Unik, ya?

5. Lain pisang, lain jambu!

Selain buah pisang, ternyata buah jambu di Indonesia memiliki banyak nama sesuai jenisnya. Bahkan satu jenis jambu, memiliki banyak nama. Jambu bol, jambu mete, jambu monyet, jambu mente, jambu air, jambu merah, jambu batu, jambu klutuk, jambu darsono, dan lain-lain.

6. Mengucapkan kematian

Dalam bahasa Indonesia, “mati” menduduki tempat tersendiri. Dalam bahasa lain hanya dikenal istilah “Dead” atau “Mawt”, maka dalam bahasa Indonesia punya Mati, Maut, Tewas, Gugur, Meninggal, Wafat, Mampus, dan Koit. Orang Indonesia memang memiliki aspek religius yang mendalam.

7. Kata ganti orang kedua tunggal

Dalam bahasa Indonesia, kata ganti orang kedua cukup beragam. Dalam bahasa lain hanya mengenal “anta” atau “you”, maka kita bisa menggunakan Kamu, Elu, Lu, Lo, Kau, Engkau, Situ, Ente, Anta, Anda, Paduka, dan lain-lain.

Wah, bahasa kita ternyata sangat kaya, ya! (HG)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY