Tips Menggunting Dari Berbagai Blog Terapis Okupasi

Tips Menggunting Dari Berbagai Blog Terapis Okupasi

69
0
BERBAGI

1. Lakukan berbagai kegiatan yg fungsinya menguatkan jemari, meluweskan jemari dan kekuatan pergelangan tangan. Istilah kerennya finger dexterity, halah! Apa saja kegiatannya? Bisa dengan merobek kertas, meremas play dough, atau bermain sensori taktil.

2. Berikan petunjuk visual yg menarik agar anak paham di mana posisi ibu jari. Ini bisa dilakukan dengan menggambar wajah yy tersenyum pada ibu jari atau menempelkan sticker yg lucu. Petunjuk ini juga berfungsi agar anak mengingat bagaimana seharusnya ia meletakkan ibu jarinya

3. Langkah awal ketika ia mulai menggunting, mulailah dengan benda yg fungsinya menguatkan jemarinya agar ia punya kekuatan kapan harus membuka gunting dan menutupnya. Benda yg bisa digunakan untuk kekuatan jemari menggunting adalah, play do, sedotan dan slime.

4. Ketika hendak memulai mengajak anak menggunting pada selembar kertas, berikan anak target yg mudah terlebih dahulu, misalnya garis yg lebar yg digambar dengan stabilo atau spidol berwarna. Ini akan membantu anak mengkordinasikan mata dan jemari dan akan lebih baik jika target dimulai dari target visual yg besar.

5. Ketika jemari anak mulai bisa bergerak ke kiri dan ke kanan, petunjuk visual juga dapat diberikan dengan cara memberi angka 1, 2, 3 dan seterusnya untuk membantu anak meletakkan tangan yg memegangi kertas hingga anak terbantu koordinasinya. Selain angka, bisa juga menempelkan stiker berwarna-warni hingga anak paham kapan harus menggerakkan jemari pd tangan yg memegangi kertas.

6. Ketika anak mulai mahir, perkenalkan target-target sederhana seperti beberapa garis, zig-zag, garis melengkung, lingkaran dan bentuk sederhana lainnya hingga keluwesan jemarinya terasah.
Semoga bermanfaat…

(Disunting dari Pinterest):

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY