Saya mematikan ponsel!

Saya mematikan ponsel!

252
0
BERBAGI
High angle view of girl lying on bed looking at smartphone

[Terjemahan]
www.1jour1actu.fr

RB- Mengapa kita membahas hal ini? Sebab Hari Dunia Tanpa Ponsel diadakan setiap tahunnya pada bulan Februari, yakni pada tanggal 6-8 di Prancis.

Menghabiskan hari tanpa ponsel? Kini nampaknya semakin tidak mungkin. Maka, Hari Dunia Tanpa Ponsel menawarkan momen terbaik untuk merenungkan kembali penggunaan yang semestinya dan seperlunya terhadap smartphone yang kita pegang hari ini.

“Rata-rata remaja memiliki ponsel pertama mereka diusia 11 tahun”, ungkap Emma Kim, Cultura creative dari AFP.

Di negara Prancis saat ini,  9 dari 10 orang Prancis telah memiliki ponsel. Dua puluh tahun mendatang diprediksi bahwa hampir seluruh penduduk memiliki ponsel pribadinya masing-masing!

Kedatangan hal baru ini dalam kehidupan kita, sedikit banyak telah membawa banyak perubahan dalam kebiasaan hidup. Khususnya perilaku kita di luar, baik di transportasi atau di jalan umum, sebab ponsel dapat menggantikan pertemuan dan pertukaran ide secara langsung dengan orang lain.

Hari Dunia Tanpa Ponsel disuarakan pada awalnya  oleh seorang penulis bernama Phil Marso pada tahun 2001, dulu ia mendorong kita untuk mematikan ponsel selama 24 jam, tetapi itu 15 tahun yang lalu, kini tidak mungkin dilakukan.

Kini, orang Prancis menggunakan handphonenya  minimal selama dua jam tiga puluh menit jika disatukan dalam durasi keseluruhan dalam satu hari. Bagaimana mungkin mereka dapat hidup tanpa ponsel? Dengan alasan kebutuhan komunikasi yang tinggi, menjelajahi internet, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Maka, Phil Marso memberikan santapan berbeda disetiap tahunnya, tetap dengan tujuan mengajak kita untuk berpikir kembali tentang penggunaan ponsel yang semestinya dan seperlunya. Pada tahun 2016, ia mengusulkan untuk mempertimbangkan ketidakamanan ponsel jika digunakan secara terus menerus. Seperti resiko “hack” yang tinggi terhadap informasi pribadi kita (pesan teks, email, foto, dll), juga dengan alasan maraknya pencurian ponsel, maka gunakanlah ponsel seperlunya saja!

Selama tiga hari di bulan Februari ini semua orang diundang untuk mematikan ponselnya guna menguji ketergantungan mereka, apakah Anda siap?
Diterjemahkan oleh Milka Anggun dari lemonde pada 28/02.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY