Pembubaran HTI : Pemerintah Memancing Umat berbuat Radikal?

Pembubaran HTI : Pemerintah Memancing Umat berbuat Radikal?

94
0
BERBAGI

Hamzah Syuhada

Siang tadi seantero Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan bahwa Pemerintah membubarkan salah satu ormas Islam yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan alasan mengancam NKRI serta bertentangan dengan Ideologi Pancasila. Ini merupakan langkah yang sangat berani atau mungkin boleh dikatakan kontroversial yang dilakukan oleh pemerintah. Pertama HTI memiliki anggota yang sangat banyak di Indonesia, kedua Iklim perpolitikan saat ini sedang panas utamanya tentang isu” radikal yang dimainkan oleh pemerintah utamanya media, dan ketiga mendekati Vonis hukuman terhadap Ahok terkait penistaan agama.

Saya sendiri memandang pembubaran HTI ini merupakan upaya reaktif yang dilakukan oleh pemerintah. Melihat kekuatan umat Islam yang semakin bersatu dan melihat bahwa pemerintah seakan kehilangan kewibawaannya dimata masyarakat maka sudah seharusnya pemerintah melakukan tindakan untuk mengembalikan kewibawaannya dihadapan masyarakat. Kita bisa melihat akhir-akhir ini media menggoreng isu radikalisme dengan menitikberatkan kepada umat Islam. Ada grand desain kesana untuk menyudutkan unat Islam. Dan HTI menjadi tumbal yang dikorbankan, dengan membenturkan HTI dengan ormas lain. Maka ada alasan pemerintah guna membubarkan HTI. Yah dengan ini paling tidak menumbuhkan kepercayaan sedikit dari masyarakat. Atau malah menyelamatkan sang menteri dari resufle kabinet karena isu resufle pun sedang hangat-hangatnya.

Lalu bagaimana efeknya terhadap umat Islam?
Secara pribadi saya tidak sepakat dengan fikrah dari teman-teman HTI.

Bagaimanapun mereka saudara kita meskipun berbeda harokah dan fikrah diantara kita. Namun, patut dilihat efek domino dari pembubaran HTI terhadap umat Islam itu sendiri. Seperti sejak awal saya tulis bahwa HTI hanyalah tumbal yang dikorbankan oleh pemerintah dalam rangka menyudutkan umat Islam. Jika HTI berhasil dibubarkan maka Pemerintah akan semakin punya kesempatan dalam membubarkan ormas yang sering mengkritik pemerintah. Maka kebebsan berpendapat dan bersyarikat akan dikukung. Umat Islam akan dipisihkan dari peta perpolitikan di negeri ini. Dan yang paling berbahaya adalah bahwa Pemerintah sedang membangkitkan gerakan radikal yang dilakukan oleh umat Islam. Maka semakin sempurna upaya pemerintah dalam menghidupkan kebencian terhadap Islam itu sendiri.

Ibarat kata nih unat Islam yang turut andil besar mendirikan NKRI, menjaga NKRI maka sungguh aneh apabila umat yang malah mnghancurkan. Gerakan” membangkitkan PKI malah dibiarkan, organisasi separatis papua dibiarkan. Alangkah lucunya Pemerintah saat ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY