Paus Fransiskus Basuh Kaki Pengungsi Pada Peringatan Kematian Yesus Kali Ini

Paus Fransiskus Basuh Kaki Pengungsi Pada Peringatan Kematian Yesus Kali Ini

201
0
BERBAGI

RB, Internasional-Hari Penyaliban atau wafatnya Isa Al-Masih yang jatuh pada Jumat, 25/03 diperingati salah satunya dengan ritual pembasuhan kaki. Pembasuhan kaki ini adalah tradisi mencontoh Yesus Kristus ketika membasuh kaki dari para murid-muridnya di dalam Alkitab.

Pada kesempatan tahun ini, Paus Fransiskus membasuh kaki para pengungsi dalam sebuah upacara di Castelnuovo di Porto, di sisi luar kota Roma, tepatnya di sebuah shelter pengungsi yang diisi oleh muslim, kristen ortodoks, hindu, dan kristen Katolik.

Upacara ini menyimbolkan sebuah pelayanan Yesus terhadap umatnya. Yesus melakukan ini, dikisahkan pada saat sebelum ia disalib dan dikorbankan.

Dilansir Aljazeera.com pada 25/03, paus-paus sebelumnya hanya mengijinkan laki-laki mengikuti upacara ini dan jumlahnya 12 orang, sebagaimana jumlah murid-murid Yesus. Namun, Paus Fransiskus membolehkan pada tahun ini perempuan untuk mengikuti upacara.

Ada empat perempuan dan delapan laki-laki, termasuk didalamnya pelayan wanita dari gereja Koptik Eritrea, dan tiga orang muslim dari Mali, sebuah negara di Afrika. Paus Fransiskus memang dikenal sebagai paus yang memiliki banyak kebijakan-kebijakan baru, dan menurut beberapa pihak, itu menandakan era liberal gereja katolik. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY