Omar Al-Bashir menghadiri KTT LB OKI di Jakarta

Omar Al-Bashir menghadiri KTT LB OKI di Jakarta

2499
0
BERBAGI

RB- Presiden Sudan, Omar Al-Bashir, menghadiri KTT LB OKI di Jakarta, Minggu (07/03). Presiden ini sedang mendapat surat penahanan dari Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas tuntutan kejahatan perang, genosida, dan pelanggaran HAM pada konflik Darfur di Sudan. Ia mengabaikan surat peringatan dari ICC untuk tetap berada di Afrika dan terbang menuju Jakarta.

Tahun lalu, Bashir membatalkan penerbangannya ke Ibukota Jakarta untuk menghadiri Konferensi Asia-Afrika setelah protes yang dilakukan sejumlah kelompok dan menuntut penangkapannya. Bashir yang berkuasa di Sudan sejak 1989 ini menolak otoritas ICC. Namun, sejak tahun 2011 ia tidak pernah berpergian keluar Timur Tengah, setelah kunjungannya ke China dalam peringatan berakhirnya perang dunia kedua.

KTT LB OKI yang kelima ini, menitik beratkan pembahasan solusi penjajahan Israel atas Palestina, dan mengupayakan Al-Aqsha menjadi Ibukota Palestina. Dari KTT ini diharapkan perdamaian bisa terwujud di bumi para nabi tersebut. Tujuan dari KTT ini seperti berbanding terbalik dengan kehadiran Omar sebagai pelanggar hal tersebut di negaranya sendiri.

Amerika melalui siaran tertulis dari Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Robert O Blake, menyampaikan rasa prihatinnya terhadap kedatangan Presiden Sudan, sebagai oknum yang dituntut atas kejahatan perang, HAM, dan genosida.

Menanggapi hal ini, Kemenlu Armanatha Nasir menyatakan, pelanggaran atau penentangan Omar terhadap keputusan ICC tidak ada sangkut pautnya dengan Indonesia yang bukan merupakan anggota ICC. “Seluruh anggota sah dari OKI dan pemimpin negaranya adalah tamu bagi Indonesia yang merupakan tuan rumah dalam KTT ini.” Ungkapnya. (IF)

Sumber : Aljazeera.com, detiknews

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY