Mudik? Tinggalkan Rumahmu dengan Rasa Aman!

Mudik? Tinggalkan Rumahmu dengan Rasa Aman!

281
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Menjelang lebaran pastilah mudik atau kembali ke kampung halaman menjadi agenda yang kamu tunggu. Namun, bagaimana caranya supaya bisa mudik dengan tenang meninggalkan rumah yang kosong di kota tempat kita tinggal?

Jangan khawatir, tim Ruangbicara menyusun beberapa tips supaya kamu bisa mudik dengan merasa aman meninggalkan rumahmu sendirian.

1. Cek semua listrik dan air

stop-kontak1

Pastikan semua alat elektronik terlepas dari stop kontaknya, terutama yg kamu pakai sehari-hari. Pastikan ketika rumah ditinggalkan, tidak ada aliran listrik. Matikan mesin air juga ya!

2. Simpan semua barang berharga ke dalam tempat yang aman dan terkunci

711586_9f8d261b5cfa490996490801d3a7079f

Simpan barang-barang yang nilainya tinggi seperti guci atau pajangan-pajangan mahal. Kalau kamu memiliki safety box di bank juga bisa kamu simpan di sana. Atau, sementara gadaikan saja dulu, hitung-hitung penyimpanan yang lebih aman, nanti setelah pulang, ambil kembali barang-barang berhargamu di pegadaian.

3. Jangan ember!

SMUBR.COM-7-696x602

Jangan banyak bercerita atau update tentang rencana mudik atau liburanmu ke berbagai sosial media atau kebanyak orang, simpan informasinya dengan baik untuk mencegah penyalahgunaan.

4. Matikan lampu!

download

Matikan lampu kecuali beberapa bagian yang dijaga agar masih nyala atau ‘tampak’ berpenghuni misalnya lampu LED kecil otomatis. Sisakan beberapa pasang sandal atau sepatu di depan rumah supaya terlihat berpenghuni.

5. Titipkan rumahmu

download (1)

Minta tolong ke keluarga dekat atau sahabat terpercaya yang tidak ke luar kota untuk menengok rumahmu secara berkala memastikan semuanya aman terkendali.

Dengan mengecek ulang dan berdoa kepada yang Mahamenjaga, kini kamu bisa mudik atau liburan dengan rasa aman untuk waktu yang lumayan lama. Selamat berlibur, mudik dan bersilaturahim! (AZ)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY