Mars: Penarikan cokelat batangan di Prancis

Mars: Penarikan cokelat batangan di Prancis

288
0
BERBAGI

RB-Setelah sebuah peringatan dikeluarkan hari Selasa lalu kepada kelompok Mars, penarikan kembali jutaan cokelat dilakukan di toko-toko Prancis. Penarikan besar-besaran cokelats tersebut di lakukan di 55 negara, termasuk Prancis. Pengumuman tersebut dibuat setelah seorang konsumen menemukan “sepotong kecil plastik” dalam kelompok produk tersebut.

Penarikan kembali tersebut dilakukan terutama di Eropa, meski negara lain pun juga mendapat peringatan yang sama, seperti: Sri Lanka dan Vietnam. Sedangkan Amerika Serikat cenderung tidak peduli. Produk yang ditarik mencakup seluruh produksi dari pabrik Mars, di Veghel (Belanda) antara tanggal 15 Desember hinggal 18 Januari, baik untuk penjualan barang dagangan maupun dalam bentuk barang promosi dan sebagainya.

Untuk wilayah yang lebih luas, prosedurnya adalah sebagai berikut:

1. Industri pertama mengirimkan terlebih dahulu papan penjelasan rinci yang menjelaskan produk apa saja dan nomor berapa yang ditarik kembali.
2. Kemudian distributor produk melaporkan ke toko-toko penjual, dan menempelkan papan tersebut untuk menginformasikan pada pelanggan.  Selanjutnya, barang-barang dagangan tersebut di keluarkan dari rak sebelum dipulangkan kembali oleh truk ke gudang produksi, yang kemudian akan mengirimkan kembali ke produsen.

“Adapun mesin penjual otomatis juga ditindak dengan cepat selama tiga hari terakhir ini”, ungkap Fabrice Layer, CEO Navsa, kepada AFP. Perusahan mesin penjual otomatis lainnya seperti Selecta bahkan mengaku penarikan produk telah dilakukan sejak rabu pagi.

Mars Inc. adalah perusahaan makanan yang berhubungan dengan pertanian terbesar di Amerika, tidak terdaftar, terkenal dengan produk cokelat batangan, tetapi menjual pula produk makanan lainnya seperti beras, pasta, dan makanan untuk hewan. Diterjemahkan oleh Milka Anggun dari lemonde pada 28/02.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY