Kementerian Agama Saudi: Iran Memusuhi Umat Islam

Kementerian Agama Saudi: Iran Memusuhi Umat Islam

214
0
BERBAGI

RB, Internasional-Menteri Urusan Islam Arab Saudi, Saleh Al-Asheikh berkata bahwa Iran memusuhi umat Islam dan tidak ingin melihat musim haji berjalan dengan damai atau tanpa perselisihan sektarian.

Selama tur inspeksi dari masjid di Makkah-Jeddah Expressway pada pekan ini, Dia menegaskan bahwa tugas ulama Muslim adalah untuk mendukung Kerajaan dan menjamin keamanan haji, menambahkan bahwa Haji dan Umrah hanya boleh ditujukan untuk Allah, dan bukan untuk slogan atau keuntungan politik.

Dia mengatakan bahwa kementerian kementerian, berdasarkan hubungannya dengan ulama Islam, sejalan dengan pimpinan Saudi.

“Semua orang Arab bersatu di belakang upaya kepemimpinan mereka untuk menjamin keamanan jamaah,” katanya.

Ia sebagai pihak kementerian juga bangga dan menghargai upaya pengkhotbah dan ulama baik di dalam dan di luar Kerajaan, katanya, dan bekerja untuk melindungi keselamatan semua peziarah, termasuk dari Iran, katanya.

Al-Asheikh juga menegaskan Kerajaan selalu Berusaha untuk memastikan pelaksanaan haji bebas dari slogan-slogan penuh kebencian, dan percaya Bahwa Semua Muslim adalah sama Ketika melakukan ibadah haji.

Dia memastikan bahwa Kerajaan menolak upaya musuh ‘untuk memicu masalah, merusak dan mempolitisir ibadah haji dan untuk menghasut permusuhan di kalangan umat Islam’.

Hubungan Iran-Saudi memanas pasca dibentuknya aliansi militer oleh Saudi, dan kini kedua negara itu tidak memiliki hubungan diplomatik.

Suasana tegang ini diperparah dengan digantungnya seorang ulama Syiah, Nimr An-Nimr dan memicu perang statemen hingga akhirnya Arab Saudi melarang jamaah haji Syiah Iran berziarah ke Makkah.

Pada musim haji tahun lalu, terjadi tragedi Mina, ketika jamaah haji asal Iran melanggar jalur lintas yang telah digariskan keamanan, dan akhirnya terjadi tabrakan arus dengan ratusan ribu jamaah lain di terowongan itu, dengan lebih dari 2300 orang meninggal sebagai akibatnya.

Sejak saat itu, berbagai tudingan muncul, di antaranya bahwa upaya jamaah haji Iran untuk melawan arus dan menimbukan himpitan adalah direncanakan oleh intelijen Iran. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY