Kalah di PTUN, Pemprov Ajukan Kasasi: Mau Lawan Rakyat Sendiri?

Kalah di PTUN, Pemprov Ajukan Kasasi: Mau Lawan Rakyat Sendiri?

298
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana ajukan Kasasi kepada Mahkamah Agung, terkait hasil persidangan di PTUN terhadap gugatan warga Bidara Cina. Pada persidangan di PTUN tersebut, hakim memutuskan menerima semua gugatan warga.

Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Yayan Yuhana, menegaskan akan menempuh jalur hukum Kasasi, dalam keterangannya di Balaikota Jakarta, Kamis, 28/04.

Gubernur DKI Jakarta sendiri berkeras bahwa warga Bidara Cina adalah pemukim ilegal, sebab tidak memiliki sertifikat. Padahal, fakta persidangan di PTUN mengungkap bahwa warga memiliki surat tanah hasil pemutihan pada zaman Gubernur Ali Sadikin.

Gugatan bernomor 59/G/2016/PTUN-JKT diajukan warga dengan bantuan kuasa hukum dari Partai Bulan Bintang terkait perubahan rencana penggusuran dalam pembangunan sodetan kali Ciliwung.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta yang diwakili statemen Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terus menekan warga secara psikologis. Ia mengatakan–seperti diberitakan sebelumnya–meminta bantuan Polda Metro Jaya untuk mengamankan. Sementara, sebagian warga akan dipindahkan ke rusun Cibesel pekan depan.

Klaim Pemprov DKI terhadap tanah juga dinyatakan tidak sah oleh PTUN, karena sertifikat yang dikeluarkan tahun 1996 terhadap lahan seluas 34000 meter persegi itu rangkap terhadap surat tanah yang dikeluarkan kepada warga pada masa sebelumnya. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY