Ini Hal-Hal Unik Tentang 4 Presiden Indonesia

Ini Hal-Hal Unik Tentang 4 Presiden Indonesia

324
0
BERBAGI

 

RB, Jakarta-Bangsa Indonesia harus bangga punya presiden yang unik. Setiap presiden Indonesia memiliki hal-hal menarik yang khas, dan tidak dimiliki oleh pemimpin negeri yang lain. Apa sajakah itu?

  1. Presiden Soekarno membayar lukisan Affandi dengan Uang Belanja Sehari-hari

Suatu hari, istri pelukis Affandi sakit keras dan butuh biaya pengobatan. Maka, beliau melukis dan membawanya pada Soekarno. Berharap, sang Presiden memiliki harta yang bisa digunakan untuk mengobati istrinya. Sesampainya di rumah Bung Karno, ternyata beliau tidak punya uang, dan memberi pulpen, “Barangkali ada yang mau membeli,” kata Bung Karno ketika itu. “Nanti saya dikira mencuri,” Jawab Affandi. Akhirnya, Bung Karno masuk ke dalam kamar, dan meminjam uang belanja bulanan dari Ibu Fatmawati, “Ini uang belanja sehari-hari, kupinjam dari bu Fat,” katanya. Ini terekam dalam buku” 100 Tahun Bung Karno”.

  1. Presiden Soeharto Menyiapkan Lubang Kuburnya Sendiri

Ketika Astana Giribangun, komplek pemakaman keluarga selesai dibangun,  tak lama kemudian, Ibu Hartinah, istri sang Jenderal, wafat. Di sebelah liang makam Ibu Tien, ada sebuah liang makam yang masih kosong. Ketika ditanya oleh seseorang, beliau tidak menjawab itu untuk siapa. beberapa belas tahun kemudian,ketika beliau wafat di RS Pertamina karena sakit dan usia tua, beliau akhirnya dimakamkan di lubang tersebut.

  1. Kisah Cinta Presiden Habibie Difilmkan

Mungkin, Presiden Habibie kini menjadi sosok pemimpin tercerdas di dunia, sekaligus paling romantis. Ketika istrinya, Hj. Ainun Habibie meninggal, rasa dukanya teramat mendalam. Kisah lika-liku cintanya akhirnya difilmkan dengan judul “Habibie-Ainun” pada tahun 2013 dan film ini sukses besar. Beliau diperankan oleh Reza Rahadian, sementara Ibu Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari.

  1. Kewalian Presiden Gusdur dibahas di Munas Nahdatul Ulama

Presiden yang dikenal sebagai ulama besar ini dipercaya banyak orang adalah wali Allah, yang dalam terminologi agama islam berarti kekasih Allah yang diberi keistimewaan berupa beberapa keajaiban khusus. Berkaitan dengan itu, misalnya, beliau berulangkali meramalkan sesuatu dan tepat, dan juga bisa berpidato tepat waktu tanpa melihat jam. Dalam Musyawarah Nasional NU di tahun 2012, maka ada sebuah forum untuk membahas, kadar kesufian dan kewalian Gus Dur di antara sufi-sufi besar yang sudah ada, seperti Jalaluddin Rumi. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY