Ingkar Janji, Dulu Jokowi Pernah Janjikan Kampung Susun Pada Warga Bukit Duri

Ingkar Janji, Dulu Jokowi Pernah Janjikan Kampung Susun Pada Warga Bukit Duri

268
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Penggusuran Bukit Duri yang berlangsung pada Rabu, 28/09 ini menyisakan banyak tanda tanya. Sebab, persidangan masih berjalan pada persidangan kesembilan terkait dengan tuntutan class action warga Bukit Duri yang merasa haknya dirampas, namun pemerintah berkeras melaksanakan penggusuran.

Selain itu, ternyata pada 16 Oktober 2016 lalu Presiden Joko Widodo yang kala itu baru saja terpilih sebagai gubernur, pernah mengunjungi Bukit Duri dan menyepakati pembangunan Kampung Susun, alih-alih pemindahan ke Rawa Bebek.

Hal itu memang sesuai dengan komitmen awal untuk menghindari penggusuran. Kala itu, media massa seperti Tempo, Kontan, Suara Merdeka, dan lain-lain meliput sebagaimana ditunjukan foto dari Tempo di bawah ini.

s_th2012101611

Liputan Kontan Mengenai Kunjungan Jokowi ke Bukit Duri

Namun, kini penggantinya yang dulu satu paket bersama Jokowi, seakan menepis itu dengan mengatakan tidak punya pilihan lain. Selain itu, penggusuran ini jelas melanggar UU No 11 Tahun 2015 dan juga International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights, serta The Vancouver Declaration On Human Settlements.

Sekitar 400 rumah dan bangunan digusur, dan ada 5 potensi pelanggaran yang dicatat oleh Lembaga Bantuan Hukum, di antaranya, penggunaan aparat militer. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY