Hati-hati, Hal Sepele Ini Bisa Merusak Puasamu!

Hati-hati, Hal Sepele Ini Bisa Merusak Puasamu!

311
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Banyak orang berpuasa, tapi tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar, bisa merusak keutamaan puasa mereka, atau bahkan membatalkannya. Tim Ruangbicara merangkum kebiasaan apa saja yang berpotensi merusak puasa. Yuk simak!

1. Berkendara dengan ‘alay’

Copy_of_20111215tow05_kebut-kebutan

Di jalan raya, terutama menjelang sore hari dan waktu berbuka, jamak ditemui pengendara yang menjadi egois dan cenderung arogan saat mengendarai, terutama motor. Potensi kecelakaan menjadi sangat tinggi. Ini juga jelas memicu amarah orang lain. Berkendaralah dengan aman, jagalah kecepatan dan jika menyalip, gunakan etika!

2. Membicarakan keburukan teman atau atasan

ghibah-ancman

Dalam agama, ini dinamakan ghibah. Jelas, ini merusak puasa, sebab ghibah menandakan penyakit hati. Maafkan orang-orang di sekelilingmu dan berhentilah membicarakan keburukan mereka. Apalagi, jika ternyata buruk sangkamu itu tidak terbukti!

3. Berlomba-lomba buka puasa bersama (bukber)

buka_bersama

Kebiasaan ini sangat riskan. Ketika berbuka puasa bersama, betapa banyak orang yang justru mendahulukan seremoni daripada shalat maghrib. Selain itu, hampir pasti tidak sempat lagi shalat isya dan tarawih berjamaah. Bulan Ramadan yang mestinya semarak dengan ibadah malam, justru diisi dengan tawa sia-sia dan kadang meninggalkan ibadah wajib!

4. Makan berlebihan ketika berbuka atau bersahur

makan-berlebihan

Ini kebiasaan buruk lainnya. Buka puasa bukan balas dendam. Buka puasa adalah momen singkat untuk memutus puasa dan berdoa. Bukan dengan makan sebanyak-banyaknya, tapi makanlah dengan perlahan dan segera tunaikan shalat Maghrib, baru setelah itu makanlah, dan jangan sampai melemahkan kita untuk shalat malam.

5.Menghabiskan waktu dengan game, tidur, atau melamun

main games

Biasanya, bulan Ramadan dipenuhi liburan panjang. Ini membuat orang cenderung menghabiskan waktu dengan permainan atau justru tidur ala beruang alias hibernasi. Lakukan hal-hal yang normal, dan bermanfaat. Pergilah ke luar ruangan dan saksikan betapa banyak hal yang mesti dikerjakan!

Nah, jangan diulangi ya kebiasaan-kebiasaan di atas! (HG)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY