Turki Pesimis Genjatan Senjata Syiria Berhasil

Turki Pesimis Genjatan Senjata Syiria Berhasil

255
0
BERBAGI

RB- Terkait pengumuman genjatan senjata di Suriah oleh Rusia dan AS, Turki mengatakan sedikit pesimis dengan pelaksanaannya. “Saya menyambut baik genjatan senjata ini, meskipun tidak begitu optimis bahwa hal itu akan dihormati oleh semua pihak.” Ujar Wakil Perdana Menteri Turki, Nurman Kurtulmus di Ankara, selasa (23/02) kepada para wartawan.
Ia memperingatkan semua pihak, bahwasanya Turki akan terus waspada dan menjaga batas teritorialnya dari segala gangguan. Bahkan, apabila nantinya akan ada serangan di perbatasan Turki dari kelompok YPG Syiria atau yang lainnya, mereka akan menyerang balik meski sudah masuk dalam masa genjatan senjata. “Kami berharap tidak akan ada serangan udara (dari Rusia) yang menewaskan rakyat sipil di Syiria selama masa damai ini.” Lanjut Nurman.
Turki sudah lama khawatir akan meningkatnya kekuatan YPG di Suriah dan mengancam wilayah perbatasan. Ankara sendiri menganggap kelompok separatis PKK di Turki sebagai perpanjangan tangan dari kelompok YPG di Syiria yang dibantu oleh Rusia selama bertahun-tahun melakukan kampanye bersenjata di Turki. Turki juga menuduh pasukan ini bekerjasama dengan Rusia untuk mempertahankan pemerintahan Bashar Al-Asaad.
Komite Negosiasi Tingkat Tinggi-blok oposisi utama yang terlibat dalam negosiasi- menyatakan penerimaan kondisi genjatan senjata ini, meski dengan kekhawatiran apakah pemerintah Syiria akan menghormati kesepakatan ini hingga akhir, atau akan berujung lagi dengan tawar menawar. Demikian, diterjemahkan dari al-Jazeera pada 26/02. (IF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY