Erdogan Gagal Mediasi Saudi dan Iran

Erdogan Gagal Mediasi Saudi dan Iran

292
0
BERBAGI

RB, Internasional-Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam yang digelar di Istanbul, Turki, pada pekan ini gagal mempertemukan antara Raja Salman, Raja Arab Saudi, dengan Hassan Rouhani, Presiden Iran.

Seperti dilansir kantor berita Al-Ahram pada 16/04 ini, seorang diplomat Turki yang menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Iran bersikap lebih terbuka. Sementara, delegasi Arab Saudi bersikap lebih tertutup, dan misi mediasi ini tidak bekerja semestinya.

Menurut diplomat tersebut, usaha mediasi ini dibantu oleh diplomasi dari Amerika Serikat. Namun demikian, misi utama Arab Saudi ke setiap pertemuan internasional, adalah mengubah arah dukungan Iran kepada rezim Suriah, Bashar Al-Assad.

Baik Hassan maupun Raja Salman tidak menghadiri penutupan KTT ini, pada Jumat 14/04. Konferensi ini sendiri digelar hanya beberapa minggu setelah Arab Saudi membuat persekutuan militer dengan melibatkan lebih dari 38 negara islam, termasuk Turki. Indonesia sendiri tidak ingin terlibat.

Pasca terbentuknya aliansi ini, Arab Saudi dan beberapa negara Teluk memutus hubungan diplomasi dengan Iran. Sejak saat itu, kondisi Timur Tengah memanas. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY