Daripada Ahok, Ternyata Jokowi Pilih Penjarakan Dua Menteri Era SBY

Daripada Ahok, Ternyata Jokowi Pilih Penjarakan Dua Menteri Era SBY

354
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Kabar mengejutkan datang dari mantan Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari dan Dahlan Iskan yang ditangkap. Siti Fadhilah ditangkap KPK terkait korupsi pengadaan alat kesehatan, sementara Dahlan Iskan ditangkap di Jawa Timur oleh kepolisian terkait dugaan penjualan aset BUMD.

Dua menteri era SBY ini terbilang menteri yang cukup dihormati masyarakat. Siti Fadhilah Supari sendiri pernah menggemparkan dunia karena lantang bicara soal mafia vaksin di forum WHO. Sementara Dahlan, adalah tokoh yang dianggap public figure oleh generasi muda.

Keduanya sempat meneriakkan hal yang sama saat ditangkap, mengenai ketidakadilan rezim saat ini, dan juga terutama pernyataan Dahlan, “Saya sedang diincar oleh yang berkuasa saat ini”.

Ia sendiri adalah pimpinan Jawa Pos Grup yang selama ini dikenal keras ketika memberitakan pemerintahan. Di sisi lain, aroma persiapan Pilkada Jakarta dan juga pembersihan jalan menuju Pilpres 2019 sudah sangat kuat terasa.

Berbeda dengan itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, meskipun sudah berulang kali dilaporkan atas dugaan korupsi pembelian lahan RS Sumber Waras, penyalahgunaan wewenang pada kasus Reklamasi, dan juga penistaan agama, tetapi aparat hukum tidak menyentuhnya.

“Kami harus yakin betul di dalam kejadian itu ada niat jahat. Kalau hanya kesalahan prosedur, tetapi tidak ada niat jahat, ya susah juga,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, 29 Maret tahun ini.

Pernyataan di atas terkait dengan RS Sumber Waras. Sementara, untuk dugaan penistaan agama, Humas Mabes Polri melalui Boy Rafli Amar mengatakan, bahwa harus ada fatwa MUI berkaitan dengan kepastian bahwa Ahok menistakan ajaran agama islam.

Ditahannya dua mantan menteri yang dikenal baik oleh masyarakat itu mengundang berbagai spekulasi dan tentu juga keresahan di masyarakat. (AZ)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY