Bulu Kucingmu Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya

Bulu Kucingmu Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya

96
0
BERBAGI

RB, Jakarta – Bagi para penyayang hewan khususnya kucing, Anda pasti bertanya-tanya ketika bulu kucing Anda mengalami kerontokan yang lain dari biasanya. Dilansir dari kucingpedia.com, ternyata ada beberapa penyebab atau alasan bulu kucing Anda rontok berlebih, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memang waktunya

Sudah disinggung sebelumnya kalau pada waktu tertentu kucing akan mengalami kerontokan bulu, ini normal. Biasanya setahun sekali kucing akan mengalami kerontokan bulu yang banyak namun akan cepat berganti dengan bulu baru. Kucing betina yang sedang hamil juga rentan mengalami kerontokan.

2. Kekurangan Gizi

Biasanya yang ini kita cuek-cuek saja, tetapi ini justru yang bisa menyebabkan bulu kucing tersayang Anda rontok. Penyebab bulu rontok pada kucing salah satunya adalah kekurangan vitamin A, E, Protein dimana nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembentukan bulu kucing.

3. Vitamin yang berlebih

Jika poin di atas kucing kekurangan vitamin, yang satu ini justru terdapat vitamin berlebih. Vitamin memang penting untuk kesehatan kucing, tetapi jika berlebihan atau overdosis, bulunya bisa rontok sangat banyak, kulit kering, mengelupas dan berkerak. Jadi usahakan beri vitamin secukupnya saja ya.

4. Salah pilih produk mandi

Kalau yang satu ini Anda perlu lebih teliti dalam memilih. Biasanya produk mandi yang sering digunakan untuk kucing adalah shampoo. Jika kita memandikan kucing dengan shampo yang tidak cocok nantinya bulu kucing akan rontok. Pilihlah produk shampoo kucing yang busanya sedikit, sebab jika busanya banyak, seringkali ditemukan kadar detergen di dalamnya tinggi, sehingga menyebabkan kulit kucing iritasi dan bulunya tambah rontok.

5. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab bulu kucing rontok, walau bukan penyebab utama namun terdapat pemicu yang serius misalnya dari obat, vaksin yang salah, parasit bahkan dari
makanan kucing.

6. Kutu

Ektoparasit yang satu ini sukanya bermukim di bulu dan kulit. Mereka mengambil nutrisi tubuh yang ada pada kucing melalui kulit, nutrisi diambil otomatis bulunya akan rontok. Nutrisi tersebut digunakan untuk menjaga kesehatan bulu kucing tetapi justru diserap oleh parasit.

7. Tungau

Tungau yang menyebabkan rontoknya kucing bernama Demodex dan Scabies. Hampir sama seperti Kutu, si Tungau ini bisa membuat terowongan-terowongan kecil yang bisa dilihat seperti lubang pada kulit kucing. Biasanya kalau sudah terlanjur seperti ini kulitnya bisa infeksi dan bulunya bisa rontok.

8. Jamur

Bulu kucing yang panjang akan rentan terkena jamur apabila kondisinya lembab. Akibatnya bulu akan semakin rontok.

Bukan hanya rambut manusia yang perlu dirawat, bulu mereka juga perlu diperhatikan ya guys. Selamat merawat kucing kesayangan! (MA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY