Buat Para Wanita! Tips Menghindari Kejahatan Seksual di Jalan

Buat Para Wanita! Tips Menghindari Kejahatan Seksual di Jalan

293
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Belakangan ini, kasus kejahatan seksual kepada wanita semakin marak terangkat, baik yang berupa tindak asusila ringan secara verbal, hingga yang berat dan berakibat pembunuhan. Nah, bagaimana cara meminimalisir gangguan itu?

1. Jangan pernah bepergian sendirian

Kamu perempuan pasti memiliki banyak urusan. Namun, usahakan jangan pernah bepergian ke luar rumah atau kampus sendirian, apalagi pada malam hari. Usahakan ajak teman, minimal berdua, atau paling baik bertiga dan jangan jalan terlalu lambat.

2. Jangan kenakan busana yang mengundang nafsu

Paling baik adalah mengenakan jilbab. Akan tetapi, minimal bagian tubuhmu yang menonjol tertutupi sehingga lolos dari pandangan mata jahil. Kenakan busana yang menutup secara longgar hingga lutut, dan jangan kenakan warna mencolok.

3. Jangan berjalan kaki terlalu lambat atau berlari

Kamu yang suka berjalan slow motion pasti dibidik oleh orang-orang yang iseng. Minimal, kamu akan mendengar celotehan jahil dari orang-orang yang duduk di pinggir jalan. Juga, jangan berlari. Saat berlari, bagian tubuhmu akan lebih menonjol dan mengundang selera.

4. Jangan lengah! Simpan gawaimu.

Di kendaraan umum, pasti kamu tidak tahan memainkan barang-barang elektronik. Simpan sejenak, lebih baik gunakan untuk berpikir hal yang lain. Jangan tertidur di kendaraan umum karena sangat berbahaya, apalagi yang tidak berkesempatan menempati ruang khusus perempuan.

5. Jangan mudah menerima ajakan jalan-jalan

Apalagi, dengan lelaki! Kejahatan seksual selalu dimulai dari kesempatan yang kadang-kadang justru tanpa sadar kamu ciptakan sendiri. Minimalisir pergi berwisata atau ke manapun itu hanya berdua saja, atau jumlah lelaki lebih banyak dari perempuan. Bahaya!

6. Mendekatlah kepada Tuhan, dan berdoalah

Ini adalah cara pamungkas. Kedekatanmu dengan Tuhan akan membuat jalanmu diperlancar. Semoga Tuhan melindungimu, dan kamu punsemakin sadar bahwa tidak baik terlalu dekat dengan selain suami atau saudaramu.

7. Pelajarilah cara-cara beladiri praktis

Ini penting dikuasai bagi perempuan. Minimal, kamu tahu bagaimana melepaskan diri saat tanganmu digenggam kuat, atau kamu dicekik. Kebanyakan perempuan dibunuh dengan cara dicekik dan tidak bisa melepaskan diri.

8. Kurangi bepergian malam, dan jangan mendekati tempat sepi.

Ini adalah cara paling klasik, namun memang kejahatan seksual jarang terjadi di pusat keramaian. Rata-rata, terjadi ketika ada momen perempuan terpojokkan, sendirian, dan tanpa pihak pelindung. (AA)

Editor : Elsa Damayanti

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY