Breaking News! Izin Maskapai Lion Air dan Air Asia Dibekukan Kemenhub!

Breaking News! Izin Maskapai Lion Air dan Air Asia Dibekukan Kemenhub!

345
1
BERBAGI

RB, Jakarta-Menyusul terjadinya kesalahan teknis terhadap penurunan penumpang di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada hari ini, Rabu 18/05 izin mendarat bagi maskapai Lion Air dan Air Asia dibekukan oleh Dirjen Perhubungan Udara (Kemenhub).

“Izin Ground Handling yang dibekukan ini berlaku sejak lima hari surat diterbitkan”, demikian seperti diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo. Ground Handling ini termasuk pelayanan penumpang dan bagasi.

Sebagai konsekuensi dari pembekuan izin kegiatan pelayanan di bandara tersebut, ia mengatakan bahwa kedua perusahaan harus mencari maskapai atau perusahaan jasa pelayanan Ground Handling lain untuk melayani pengguna jasa penerbangan mereka selama lima hari, sampai izin larangan dicabut.

Suprasetyo menegaskan, keputusan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan; Peraturan Menteri Nomor 55 Tahun 2015 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil; dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandar Udara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 187 Tahun 2015.

Pembekuan ini sebelumnya dibuat karena terjadi kesalahan teknis, penumpang asing diturunkan di terminal domestik. Ini berimbas pada dipecatnya dua karyawan Lion Air dan sempat terjadi kesibukan di terminal terkait penurunan penumpang terutama dipihak keimigrasian.

Kedua maskapai tersebut saat ini belum memberikan pernyataan resmi, namun pihak Air Asia berjanji hal ini tidak akan mengganggu pelayanan dan juga tetap bersikap tenang. (HG)

Editor: Khairun Nisa

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY