Bom Klorin Dijatuhkan di Saraqeb, Suriah

Bom Klorin Dijatuhkan di Saraqeb, Suriah

334
0
BERBAGI

RB, Internasional- Selasa 02/08 Bom dengan kandungan gas klorin dijatuhkan sebuah helikopter di kawasan Saraqeb, Provinsi Idlib, Suriah. Kawasan yang dikenal sebagai kawasan anti pemerintah ini dijatuhi 5 tong peledak berisikan tabung-tabung klorin dan pecahan logam.

Raed Saleh, selaku kepala kelompok Pertahanan Rakyat Sipil menyatakan 33 penduduk menjadi korban gas ini. Termasuk diantaranya 18 wanita dan 10 anak-anak.

“Kami mencurigai adanya gas klorin dikarenakan bau dan efek yang ditimbulkannya, seperti rasa sesak dan terbakar, juga perih di mata. Anggota kami telah membawa para korban ke Rumah Sakit terdekat.” Terangnya.

Sebelumnya, Senin 01/08, sebuah helikopter milik angkatan udara Rusia ditembak jatuh di kawasan Idlib, di pertengahan antara Allepo dan markas AU Rusia di Khmeimim.

“Beberapa aktivis menduga, serangan ini merupakan balasan atas penembakan helikopter sebelumnya oleh Rusia.” Lapor Janjoom, reporter Aljazeera di Suriah.

Sampai saat ini belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan kimia ini. Namun pemerintah Suriah dan sekutunya, Rusia, dicurigai menjadi dalangnya.

Sejak tahun 2011, lebih dari 160 serangan menggunakan bahan kimia berbahaya terjadi di kawasan-kawasan yang menentang pemerintahan Assad, serangan kimiawi ini menewaskan kurang lebih 1491 orang dan melukai sedikitnya 14.581 lainnya

Demikian seperti diberitakan Al-Jazeera.com dab BBC.com pada 02/08 dengan tambahan seperlunya.(IF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY