Bagaimana Teknis Pengampunan Pajak (Tax Amnesty?

Bagaimana Teknis Pengampunan Pajak (Tax Amnesty?

1002
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Menyusul terungkapnya skandal Panama Papers, pemerintah mengajukan revisi atas Undang-Undang Perpajakan, atau Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Bagaimana teknis pengampunan pajak yang pernah dilakukan?

1. Subjek Pengampunan

Yang diampuni adalah Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan.

2. Wajib Pajak yang dikecualikan

Wajib Pajak yang dikecualikan adalah yang sedang diselidiki atau berkasnya sudah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan, dalam proses peradilan, atau sedang menjalani hukuman pidana atas tidak pidana di bidang perpajakan.

3. Kapan waktu pengajuan

Semenjak undang-undang diterbitkan hingga 31 Desember 2016, dan Wajib Pajak diberi kesempatan tiga kali dalam periode pengampunan itu.

4. Apa yang didapat dalam pengampunan itu

Yang didapat adalah, penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan, dan tidak dilakukan atau ditangguhkan atas pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan, penyidikan tindak pidana dibidang perpajakan hingga diterbitkannya SK Pengampunan Pajak untuk Masa Pajak, bagian Tahun Pajak, atau Pajak sampai 31 Desember 2016, lalu dihentikan saat menteri menerbitkan SK Pengampunan. (AA)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY