Akhir Pekan? Ayo Ke Gunung Guntur!

Akhir Pekan? Ayo Ke Gunung Guntur!

403
0
BERBAGI

RB, Garut-Gunung Guntur yang berketinggian 2200 Mdpl, di Kabupaten Garut, sangat menawarkan akhir pekan bagi kamu yang menantang serta berjiwa petualang.

Gunung ini relatif tidak begitu tinggi namun juga menantang fisik untuk bergerak. Dari Jakarta, kamu bisa naik angkutan ke Jalan Guntur langsung dengan beberapa pilihan bus. Tarifnya, antara 40.000 hingga 55.000.

Sesampainya di sana, berjalanlah lurus menyusuri perkampungan dan kamu akan berhenti di rumah Ketua RT setempat untuk mengisi formulir dan diberikan sebuah peta. Lalu, berjalan lagi sejauh 300 m untuk menuju pos pendaftaran dari BKSDA. Sayangnya memang masih ada pungli meskipun jumlahnya tidak besar.

Selepas berjalan 700 M, kamu akan menemui sebuah tambang pasir dan dari sinilah keseruan dimulai. Medan akan langsung menanjak dan hingga sampailah di batas hutan.

Ketika sudah di batas hutan, jangan berharap menemukan medan landai. Kamu akan dihajar dengan medan diatas 40 derajat!

Setelah kurang lebih 1 jam, pos II memberikan sumber air dan air terjun melimpah. Susurilah hingga pos III. Di pos III inilah kamu harus membuka kemah dan beristirahat. Medan G. Guntur sangat tajam.

Dari pos III, puncak sudah terlihat begitu lancip, dengan medan savana berpasir, diselimuti rumput berbunga ungu yang sangat indah.

Di pos III, ketinggian baru sekitar 1300-1600 dan untuk menuju puncak, kamu harus memanjat 600 M dengan sudut 45-50 derajat. Di puncak I, sunrise dan sunset yang terlihat tak ada duanya. Di sinilah semua penat menghilang. Total, kamu memerlukan 4-6 jam hingga pos III. Selamat menikmati! (AA)

Elsa Damayanti

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY