Abbas: Palestina Putuskan Semua Kontak Bilateral Dengan Israel

Abbas: Palestina Putuskan Semua Kontak Bilateral Dengan Israel

48
0
BERBAGI

RB, Internasional-Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mengumumkan bahwa pimpinan Palestina akan membekukan semua kontak dengan Israel, karena demonstrasi massal mengenai tindakan keamanan Israel yang baru-baru ini terjadi di kompleks al-Aqsa memakan korban jiwa, sebagaimana dilansir Al-Jazeera pada 21/7.

Abbas juga mengurangi waktu kunjungannya ke China pada hari Jumat untuk menghadapi krisis yang sedang berlangsung.

Sedikitnya tiga warga Palestina terbunuh dan ratusan lainnya cedera pada hari Jumat.

Protes tersebut dipicu oleh instalasi detektor logam Israel di pintu masuk ke lokasi Yerusalem Timur yang diduduki Israel yang dipasang sebagai reaksi untuk menanggapi baku tembak mematikan di sana pekan lalu.

Dalam pidato singkat di televisi, Abbas mengatakan semua kontak resmi dengan Israel ditangguhkan sampai tindakan pengamanan tersebut dihapus.

“Saya menyatakan penghentian semua kontak dengan pihak Israel di semua tingkat sampai mereka membatalkan tindakannya di masjid Al-Aqsa dan mempertahankan status quo,” kata Abbas setelah bertemu dengan ajudannya, merujuk pada sebuah masjid yang membentuk bagian dari situs suci tersebut.

Polisi Israel menembakkan amunisi, gas air mata dan peluru berlapis karet ke pemrotes pada hari Jumat.

Pada kematian pertama hari ini, seorang pemukim Israel membunuh Mahmoud Sahraf berusia 18 tahun di lingkungan Ras al-Amud di Yerusalem Timur yang diduduki, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Seorang warga Palestina kedua juga dipastikan terbunuh oleh tembakan langsung saat demonstrasi yang dilanjutkan sholat Jumat, kata pejabat di sebuah rumah sakit di Yerusalem kepada kantor berita AP.

Otoritas Palestina juga melaporkan bahwa orang ketiga tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel di Tepi Barat.

Dua korban tewas lainnya diidentifikasi sebagai Muhamad Mahmoud Khalaf dan Muhamad Hasan Abu Ghanam. (AA)IMG_20140331_00144456

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY