6600 Penari Saman Pecahkan Rekor MURI

6600 Penari Saman Pecahkan Rekor MURI

349
0
BERBAGI

RB, Jakarta-Selama satu pekan kemarin TMII merayakan hari jadinya. Serangkaian acara demi acara mereka selenggarakan. Untuk menutup rangkaian acara tersebut, TMII menggelar tari kolosal Ratoeh Jaroe yang melibatkan 6600 penari saman. Bertempat di Tugu Api Pancasila, para penari tersebut menari dengan kompaknya.

Sejak pukul 14.30 WIB penonton telah memasuki area sekitar Tugu Api Pancasila. Kerumunan penonton semakin padat ketika para penari mulai mengatur barisan pula di tempat mereka. Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam serta pemberian bungong jeumpa.

Gubernur Aceh berharap Bungong Jeumpa ini ditanam di areal TMII dan ketika mencium wanginya, teringatlah akan Aceh.

Selanjutnya Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah memberi kenang-kenangan kepada Gubernur Aceh. Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Acara yang dinantikanpun dimulai. Pagelaran diawali dengan aksi teatrikal yang bercerita tentang Aceh. Aksi teatrikal tersebut semakin terasa ketika para penari mengangkat kertas konfigurasi bersama-sama. Setelah itu para penari pun mulai menari dengan energik dan rapih. Lantunan suara Syekh dan pukulan gendang menambah meriah suasana.

“Haduh merinding, keren banget” ujar salah satu penonton.

Para penari terdiri dari siswi SMP, SMA, Mahasiswi dan Komunitas. Walaupun panas terik matahari, penonton tetap antusias mengikuti gelaran acara. Gerak tari 6600 penari saman ini memecahkan rekor MURI dan telah masuk kedalam daftar MURI. Luar Biasa.

Oleh: Tahlia Lathifa

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY